Desain ada di sekitar Anda

Spread the love

Apa tujuan Anda ketika memulai produk, bisnis, atau proyek baru?

Apa tujuan Anda ketika memulai produk, bisnis, atau proyek baru? Bahkan, desain mengacu pada rencana untuk mencapai tujuan itu. Warna, bentuk, teknologi, dan fungsi masing-masing adalah sarana untuk mewujudkan tujuan ini. Karena orang selalu memainkan peran sentral dalam desain sehingga memiliki kekuatan untuk membawa kemajuan bagi masyarakat. Kami menganggap desain yang baik sebagai hal yang benar-benar memperkaya kehidupan orang atau memiliki potensi untuk melakukannya.

Mengubah definisi desain
Makna kata-kata berubah secara bertahap dengan waktu. Kata “desain” tidak terkecuali. Dikatakan bahwa kata itu pertama kali digunakan secara luas pada awal abad ke-20. Lebih dari 100 tahun sejak itu, arti kata tersebut telah berubah secara bertahap. Karakteristik lain dari kata “desain” adalah kenyataan bahwa kata itu memiliki arti yang berbeda dengan orang yang berbeda.

Untuk alasan ini, Japan Institute of Design Promotion (JDP), sebuah organisasi yang bermaksud mempromosikan desain secara umum dan penyelenggara Good Design Award, merasa perlu untuk mengeluarkan pedoman mengenai pemikiran kita tentang desain. Karenanya, uraian singkat tentang pemikiran kami tentang desain disediakan di bawah ini.

Pemikiran kami tentang desain
Dikatakan bahwa kata “desain” berasal dari kata Latin designare. Designare dikatakan dimaksudkan untuk menggambar rencana. Untuk alasan ini, diperkirakan bahwa desain kata awalnya digunakan dalam arti rencana di atas kertas. Bahkan, karakter yang digunakan untuk menulis kata untuk desain dalam bahasa Cina memiliki arti ini.

Mengingat latar belakang historis ini, orang mungkin berpikir bahwa apa pun yang direncanakan di atas kertas dapat disebut desain, tetapi ini tampaknya mengabaikan subjek yang paling penting dari apa esensi, atau fitur utama, dari desain kontemporer.

Apa inti dari jasa desain grafis? Setelah bertahun-tahun bekerja dengan desain, tampak bagi kita bahwa jawabannya adalah “orang.” Sementara kita dapat menyebutnya sebagai “pengguna” atau dengan istilah “masyarakat” yang tinggi, orang selalu menjadi perhatian utama ketika seorang desainer merencanakan sesuatu yang baru. . Perancang mengajukan pertanyaan kepada dirinya sendiri “Apa yang dibutuhkan orang? Apa yang harus saya desain untuk mereka? ”Kami menganggap ini sebagai inti yang paling penting bagi definisi desain kontemporer.

Kami menganggap desain terdiri dari serangkaian proses berpikir terus-menerus tentang orang-orang, mengidentifikasi tujuan, dan merencanakan cara untuk mencapainya. Kami percaya bahwa apa yang diwujudkan sebagai hasil dari proses ini adalah satu solusi desain.

Desain produk dan layanan
Salah satu topik yang sering diangkat akhir-akhir ini tentang desain menyangkut desain produk dan layanan. Karena kami memikirkan desain seperti yang kami definisikan di atas, Good Design Award menerima entri untuk produk dan layanan. Namun terkadang kita ditanya apakah mencampurkan keduanya tidak menimbulkan kebingungan. Kami ingin mengambil kesempatan ini untuk menjabarkan pedoman kami tentang hal ini.

Produk dan layanan sering dibahas dalam oposisi biner satu sama lain. Ini berlaku tidak hanya dalam desain tetapi di area lain juga. Ini mencerminkan oposisi biner antara tangibles dan intangibles. Tetapi kami percaya bahwa ketika berbicara tentang desain mungkin lebih baik untuk memikirkan produk dan layanan dengan cara yang sedikit berbeda. Dalam hal desain, kami berpikir bahwa perbedaan antara produk dan layanan adalah perbedaan fokus. Suatu produk adalah sarana untuk mencapai suatu layanan, dan suatu layanan adalah suatu tujuan. Kami percaya bahwa ini adalah perbedaan antara produk dan layanan. Sebagai contoh, Sony Walkman adalah hit besar di seluruh dunia pada satu waktu. Dilihat sebagai produk, Walkman adalah pemutar musik portabel, tetapi di luar itu orang dapat membedakan tujuan untuk dapat mendengarkan musik sambil berjalan-jalan. Itu adalah layanan. Menyediakan pemutar musik portabel memungkinkan untuk mencapai layanan ini. Ini adalah bagaimana produk dan layanan saling berhubungan.

Jadi menurut Anda apa yang dirancang oleh desainer dalam hal ini? Kami percaya bahwa mereka merancang produk dan layanan. Atau lebih tepatnya, kita bisa menafsirkan ini sebagai kasus menggunakan produk sebagai sarana merancang layanan. Ketika mempertimbangkan contoh ini dalam penyaringan Good Design Award, pertama-tama kita akan melihat kesesuaian layanan dan kemudian pada kesesuaian produk dengan layanan tersebut. Dengan kata lain, kami percaya bahwa alih-alih memisahkan produk dan layanan dalam desain, kami harus terus melihat keduanya secara konstan, tanpa memperhatikan status nyata atau tidak berwujud mereka, karena produk itu sendiri merupakan sarana untuk mencapai tujuan.

Post A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *